skip to main | skip to sidebar

Jumat, 02 Desember 2011

Membuat Rumus Matematika di MS word

Mengetik naskah atau teks dalam bahasa Indonesia adalah hal biasa yang mudah sekali dilakukan. Namun ketika dihadapkan mengetik kalimat bahasa Indonesia digabungkan dengan suatu rumus atau kalimat matematika dengan menggunakan symbol-symbol seperti akar kwadrat, pecahan, kwadrat dengan akar kwadrat, sigma, dan lain-lain barulah merasa kesulitan untuk menuliskannya. Seperti halnya ketika anda akan membuat soal-soal matematika, maka penulisan kalimat matematika tidak akan bisa dihindari.

Di Ms Word 2007 atau 2010, terdapat fungsi atau fitur untuk menuliskan rumus dan kalimat matematika yaitu dengan menggunakan fungsi Equation. Fungsi equation ini dapat diakses pada Ribbon Insert, group menu Symbols kemudian klik Equation. Atau cara cepat membuka perintah equation adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + = pada keyboard.
Secara otomatis akan tampil pada lembar kerja MS word sebuah kotak dialog untuk diisi rumus matematika.


Dengan menggunakan bantuan fungsi pada group menu Structures, buatlah kalimat matematika sesuai dengan kehendak anda. Klik salah satu fungsi yang diinginkan, misalnya anda akan membuat bilangan pecahan, maka anda harus klik pada fungsi Fraction. Cobalah membuka fungsi-fungsi yang lain untuk membuat rumus matematika yang diinginkan. Selain fungsi kalimat atau rumus matematika, juga dapat disisipkan symbol-simbol yang berhubungan dengan matematika.


Setelah terbuka format yang diinginkan, arahkan pointer pada kotak dengan garis titik-titik, kemudian isikan angka yang dimaksud. Demikian seterusnya sampai rumus matematika tersebut terbentuk seutuhnya.




Selamat mencoba
Info lebih lanjut klik

0 komentar:

Posting Komentar