skip to main | skip to sidebar

Sabtu, 03 Desember 2011

Cara copy paste work sheet di Ms Excel

Saat membuka program Ms Excel, kita dihadapkan pada lembar kerja yang berupa work sheet yang defaultnya terdapat tiga buah work sheet.  Pada tiap worksheet user dapat membuat berbagai macam data dan dokumen. Dengan demikian dalam satu file Excel bisa terdapat berbagai macam data yang berbeda yang berada pada beberapa worksheet. Jadi, data dalam Ms Excel lebih ringkas dan lebih praktis, karena dalam satu file excel bisa terdapat berbagai macam data yang berada pada beberapa sheet yang ada.
Hal yang seringkali user pemula lakukan jika ingin melakukan copy paste data yang ada pada sebuah sheet untuk dipindah ke sheet yang lain adalah dengan melakukan copy paste datanya, yaitu menyeleksi atau blok sel yang akan dicopy kemudian di paste ke lembar pada sheet yang lain. Cara yang demikian ini kadang hasilnya tidak sama persis dengan data aslinya karena berbeda lebar kolom dan barisnya. Padahal ada cara yang lebih mudah dilakukan dan hasilnyapun akan sama persis dengan data yang dicopy. Format tulisan, rumus, lebar kolom dan baris dan data-data yang lainnya akan sama persis. Cara tersebut adalah dengan melakukan copy paste worksheet tersebut.
Untuk melakukan copy worksheet di Ms Excel silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini :
  1. Klik kanan pada worksheet yang akan dicopy kemudian pilih Move or copy
    copy worksheet
  2. Muncul popup move  or copy. Pada pilihan to Book, biarkan saja jika sheet dicopy pada file (workbook) yang sama. Pilih pada file atau workbook lain yang sedang terbuka jika dicopy ke file atau workbook lain. Pada pilihan before sheet pilih salah satu atau pilih move to end jika dipaste pada akhir sheet
    cara copy worksheet
  3. Hal akhir yang penting adalah beri tanda centang pada opsi Create a copy (jika tidak dicentang maka sheet akan berpindah tempat bukan dicopy) kemudian klik OK.
  4. Maka worksheet baru hasil copy paste telah dibuat, hasil copy biasanya berupa nama sheet diikuiti nomor copy musalnya sheet1 (1). Selanjutnya anda tinggal melakukan edit data yang ada pada worksheet hasil copy tersebut sesuai dengan keinginan.
    trik copy paste worksheet

0 komentar:

Posting Komentar