skip to main | skip to sidebar

Rabu, 30 November 2011

Tipe kecepatan koneksi internet melalui handphone

0 komentar
Pembahasan yang lalu mengenai berbagai koneksi internet yang tersedia saat ini, dan untuk koneksi melalui handphone masih terdapat beberapa tipe dan kecepatan. Karena jaman sekarang hampir semua exmud [ exclusive muda ] memiliki smartphone yang terhubung ke internet. Hal ini membuat mereka yang aktif dapat selalu up to date terhadap berita, email, live chat,  update price untuk broker, update kegiatan melalui twiter, update facebook dan lain-lain.
Untuk kecepatan koneksi di handphone GSM :
  • GPRS = General Packet Radio Service. Layanan tambahan dari GSM network dalam rangka peningkatan kecepatan akses data dari maksimum 9,6 kbps menjadi maksimum 56 kbps. Jangan lupa istilah “kecepatan maksimum” ya. Yang artinya kalo dia menduduki satu TRX sendirian, maka kecepatannya bisa “segitu”. Tapi begitu harus berbagi, maka “segitu” tadi harus dibagi dengan tetangga pengguna. Semakin banyak pengguna, semakin sedikit jatah kita.
  • EDGE = Enhanced Data rates for GSM Evolution. Teknologi peningkatan dari GPRS yang sering disebut 2,75G. Di teknologi EDGE ini kecepatan maksimum data rates bertambah menjadi 236 kbps. Kondisi ini tercapai kalo kita hanya sendirian menduduki satu TRX di BTS itu ya.
  • UMTS = Universal Mobile Tele Services. Adalah nama standard sistem telekomunikasi. UMTS menjanjikan standard pelayanan telekomunikasi bergerak (voice dan sms) serta data bearer yang lebih mutakhir dari sisi kecepatan, protokol dan koneksi. UMTS mensyaratkan data bearer speed 144 kbps (satelit dan rural jarak jauh), 384 kbps di pemukiman dan 2 Mbps di indor dan rural jarak dekat. 3G = Third Generation. Adalah implementasi UMTS di lapangan. Menjanjikan kecepatan data sebesar 384 kbps maksimum downlink (64 kbps uplink) disamping standar pelayanan voice dan sms.
  • HSDPA = High Speed Downlink Packet Access. Sering disebut 3,5G karena kemampuan downlink yang lebih tinggi dari 3G yaitu hingga 1,8 Mbps (upload 384 kbps). Namun kecepatan data setinggi ini terpaksa dilakukan dengan mengorbankan coverage signal yang jauh lebih pendek dari normalnya coverage GSM. Kecepatan HSDPA 3.5 G adalah sebesar  3,6 Mbps downlink speed, dan 384 kbps uplink speed. Dan ada yang hingga 7,2 Mbps.
  • HSPA = High Speed Packet Access. HSDPA Fhase 2, yaitu kecepatan untuk uplink ditambah atau HSUPA [ high speed uplink packet access ] . Beberapa sistem membutuhkan HSUPA, misal network server di central office yang melayani banyak cabang di lain tempat dengan wireless, maka paling cocok koneksi di sisi itu adalah HSUPA. kecepatan download data (DownLink Speed) juga ditingkatkan menjadi  14.4 Mbps dan kecepatan up load data (UpLink Speed) hingga 1.4 Mbps. [ Tertinggi saat ini September 2009 ]
Untuk kecepatan tipe CDMA :
  • Beberapa tahun belakangan ini terjadi perdebatan di dunia per-telekomunikasi-an sejak kehadiran teknologi CDMA sebagai solusi tandingan dari teknologi GSM. Walaupun saat ini perangkat CDMA yang digelar di tanah air baru berupa CDMA-2000-1x, namun gaung yang terdengar di masyarakat bahwa CDMA adalah 3G. Hal ini bukan tanpa sebab, karena masyarakat selama ini sudah akrab dengan telepon genggam GSM/GPRS yang notabene adalah 2G/2.5G. Sehingga cukup beralasan jika teknologi CDMA yang muncul belakangan di anggap sebagai 3G. Pelaku bisnis CDMA termasuk operator dan pabrik pembuat juga gencar melakukan promosi 3G yang sah-sah saja untuk merebut pasar telepon seluler yang ramai ini.
  • CDMA 2000 1x masih merupakan teknologi alternatif dari GSM dan GPRS yang dikenal dengan teknologi 2G/2.5G.  Awalnya dikenalkan teknologi CDMA one yang banyak dimanfaatkan sebagai ‘fix wireless’. Kemudian seiring dengan perkembangan pasar seluler yang menggiurkan namun di sisi lain ada keterbatasan bandwith GSM, maka dikenalkanlah ke masyarakat telepon selular berbasis CDMA 2000 1x. Operator-operator selular baru muncul di Indonesia mengusung teknologi ini yang promosinya mulai gencar satu tahun belakangan sejak tahun 2004 dengan tarifnya sangat bersaing. Memang pada kenyataannya secara teoritis selain untuk komunikasi suara, kecepatan data (bit-rate) CDMA 2000 1x bisa mengungguli GSM/GPRS (lihat grafik). Kecepatan ini sudah cukup misalnya untuk aplikasi video streaming.
  • Dari kecepatan CDMA200 terbagi lagi ke beberapa tipe :
  • CDMA2000 1xRTT – Spesifikasi 1xRTT dikembangkan oleh Third Generation Partnership Project 2 (3GPP2), sebuah kerjasama yang terdiri dari lima badan standard telekomunikasi: CWTS di China, ARIB dan TTC di Jepang, TTA di Korea dan TIA di Amerika Utara. CDMA2000 1xRTT menawarkan layanan dengan kecepatan hingga 153 kbps dalam rentang spektrum yang kecil (1,25 MHz per carrier).
  • CDMA2000 1xEV-DO – 1xEV-DO, juga dikenal dengan 1X-EV Phase One, adalah sebuah peningkatan dengan meletakkan suara dan data pada kanal yang terpisah guna menyediakan pengiriman data pada kecepatan 2.4 Mbit/s.
  • CDMA2000 1xEV-DV -EV-DV, atau 1X-EV Phase Two menjanjikan kecepatan data berkisar dari 3Mbps hingga 5Mbps. Hingga kini telah ada 8 proposal yang dikirim ke komite standar 3GPP2 untuk rancangan EV-DV.
  • CDMA2000 3xRTT – 3xRTT adalah sebuah standar IMT-2000 (3G) yang disetujui ITU. Ia adalah bagian dari apa yang disebut ITU sebagai IMT-2000 CDMA MC. Ia menggunakan spektrum 5 MHz untuk memberikan kecepatan data berkisar antara 2 hingga 4 Mbps.
  • Pada Revisi 0 kecepatan downlink 2,4 Mbps dan uplink 153 kbps, sedangkan CDMA2000 1x kecepatan donwlink dan uplink hanya 153 kbps. Teknologi terakhir ini yang masih digunakan keempat operator CDMA di Indonesia, sementara mereka baru akan meningkatkan kemampuan menjadi CDMAa2000 1xEV-DO
  • Teknologi yang disebut dengan CDMA2000 1xEV-DO Revision B ini mampu melakukan transmisi data maksimal sampai 73,5 Mbps. Kemampuan ini kira-kira mampu mentransfer data pada sebuah CD-ROM yang berkapasitas sekitar 650 megabit (Mb) dalam waktu kurang dari sembilan detik melalui udara. Kecepatan ini dapat dari berita Bakrie news http://www.bakrie-brothers.com/news.php?id=3653
2G : 2nd Generation
3G : 3rd Generation
CDMA : Code Division Multiple Access
EVDV : Evolution Data Video
EVDO : Evolution Data Only
TDMA : Time Division Multiple Access
W-CDMA: Wideband – CDMA
GSM : Global System for Mobile
GPRS : General Packet Radio Service
EDGE : Enhanced Data Rate for GSM Evolution
UMTS : Universal Mobile Telecommunication System
HSDPA : Highspeed Downlink Packet Access
HSPA : High Speed Packet Access

Berbagai jenis koneksi ke Internet

0 komentar
  • Analog Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan.
    - Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider.  Biaya ditentukan total lama penggunaan [ vario price ],
    - Jaman awal-awal kecepatan dibawah 10kb , nmun hingga sekarang kecepatan max 56kb.
    - kecuali leased line [ sambungan kabel khusus dan one to one / tidak terbagi ] kecepatan 64kb – 128kb. namun sudah tidak begitu terkenal.
    - seluruh daerah yang terdapat line telepon dapat menggunakan koneksi ini.
    Pengembangan lanjutannya adalah ISDN [ Integrated services digital network ] kecatan max 128kb.

  • Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh.
    - Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider dan internet bisa di akses 24 jam online [ no limit ] tanpa batas. [ fix rate bulanan ] ditentukan oleh kecepatan yang diambil.
    - kecepatan mulai dari 384kb – 3mb saat ini.
    - Namun hanya daerah yang dilewati kabel tv yang bisa menggunakan koneksi ini.

  • ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern.  Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan.
    - Biaya cukup membayar provider internet, karena dianggap pulsa tidak berjalan, hanya pinjem kabel teleonnya saja. Sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte  yang digunakan, koneksi 24 jam online. [ Fix rate by quantity traffict ],
    - Kecepatan Maximum download speed about 384 Kbps and upload speed about 64 Kbps
    - hanya daerah tertentu juga yang bisa menggunakan koneksi ini.

  • Wave atau Gelombang Radio, sempat berjalan namun memang tidak banyak yang menggunakannya, koneksi jenis ini adalah menggunakan sebuah modem khusus yang ditembak ke sebuah BTS juga kita sebut yang terdekat. karena menggunakan gelombang maka cuaca jelek koneksi jelek.
    - Biaya cukup membayar provider, akan dipinjamkan alat khusus receivernya. [ fix rate bulanan ] unlimited use.
    - kecepatan hingga 512kbs
    - lokasi tertentu yang ada pemancar baru bisa.

  • T1 dan T3 line, T1 merupakan pilihan yang populer untuk disewakan bagi kepentingan bisnis untuk tersambung ke Internet dan untuk ISP tersambung ke backbone Internet. T-1 Lines merupakan koneksi telepon terdedikasi yang mendukung besaran data hingga 1.544 Mbps.
    T3  merupakan jaringan telepon yang didedikasikan untuk mendukung transfer data hingga 43 hingga Mbps.
    - Biaya pasti lebih tinggi dan ini digunakan untuk kepentingan bisnis. dan biasanya fix rate bulanan by speed for unlimited use.
    - lokasi bisa dibicarakan dengan provider.

  • Satelite VSAT, Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang cukup cepat namun  termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung [ parabola khusus ] untuk menangkap signal satelit.
    - kecepatan dari 64 hingga 2mb [ berlaku hanya di Indonesia ] international lebih dari 2mb.
    - biaya  fix rate bulanan by speed for unlimited use.
    - lokasi ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.

  • Fiber Optic, Koneksi jenis ini menggunakan sambungan kabel fiber optic [ kabel yang kecepatannya setara dengan kecepatan cahaya ] yang tersambung antara provider dengan perusahaan. Ini biasanya untuk perusahaan besar seperti Banking, Securitas, dll.
    - kecepatannya hingga 1Gb mmm Manteeep booo [ buat main game no lag anymore hehe ]
    - biaya fix rate bulanan ditentukan oleh kecepatan kapasitas / bandwith yang di pilih
    - lokasi ditentukan oleh mereka yang bersangkutan [ maksudnya dibicarakan gitu nanti ditarik kabelnya ]

  • WIFI / Hotspot, Jenis koneksi ini mulai heboh akhir-akhir ini. Dibeberapa kafe, mal berlomba-lomba memberikan fasilitas ini bahkan gratis untuk para pengunjung / langganan mereka. Wi-fi ini bisa terkoneksi apabila kita memiliki modem WIFI, biasanya notebook jadul belum ada jangan sedih bisa dibeli kok slot pcmci atau colokan usb. Kalau notebook baru biasanya sudah build in semua, dan handphone smartphone khususnya telah memiliki wifi build in juga. sehingga bisa langsung dapat digunakan.
    - biaya GRATIS – kalo penyedianya kasi gratis. Kalo bayar maka biasanya di hitung oleh jumlah kb yang digunakan, model seperti isi voucher hp. semua ini tergantung kepada ISP / penyedia jasa internet.
    - kecepatan 11mb — 100mb [ semacam lan card  ]
    - lokasi biasanya di mall, cafe, dan tempat yang ada memang kita telah tahu, misalnya kantor, rumah.

  • HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb – 2mb.
    Untuk detail kecepatan internet handphone bisa dilihat di sini.

Pengenalan Microsoft Excel 2003

0 komentar
Mungkin ada diantara teman-teman yang belum mengerti tentang Microsoft excel 2003, mari bersama kita belajar microsoft excel.

Mungkin ada teman-teman yang bertanya apa kegunaan excel,yaa begitulah pertanyaan pertama terlintas di fikiran saya sewaktu pertama kali melihat excel, yang tampilannya mirip mainan saja karena terbuat dari kotak-kotak.

Microsoft Excel 2003, untuk selanjutnya disingkat Excel (untuk memudahkan membaca tutorial ini), adalah program aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode pembuatan tabel, formula dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data2 penelitian, data usaha dan atau hal-hal lain yang berhubngab dengan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memulai excel klik shortcut excel di desktop komputer anda, atau masuk ke startmenu =>Programs => Microsoft Office => Microsoft Excel 2003

Untuk memudahkan dalam pembahasan selanjutnya saya akan mencoba memberi gambaran tentang lembar Excel. (Untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar)


excel 2003
Tombol Perintah di excel




Untuk memulai mengetik (memasukkan data)
Klik atau arahkan kursor ke sel (cell) yang diinginkan (pakai tombol panah yang ada di keyboard), jika teksnya panjang melebihi ukuran sel maka lebar cellnya bisa diubah dengan melakukan drag (geser) pada tepi judul kolom. Setelah selesai mengetik data selalu diakhiri dengan menekan enter

Cara Memperbaiki Kesalahan Pengetikan
Bila ada kesalahan pengetikan data, anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah berikut ini :
1. Pilih sel yang datanya ingin diperbaiki, lalu tekan F2. Atau double klik tombol kiri mouse
pada sel yang datanya ingin diperbaiki.
2. Selanjutnya perbaiki data yang salah tersebut kemudian tekan tombol Enter bila sudah selesai.

Untuk menyimpan data
Pada Mmenu bar pilih File=>Save

Untuk keluar dari excel, bisa dengan cara:
a. Pada menu bar pilih File => Exit, atau
b. Pada title bar di pojok sebelah kanan bagian atas klik tombol tanda X

Minggu, 27 November 2011

Penggunaan Fungsi VLookUp Microsoft Office 2003

0 komentar
Fungsi VLookUp adalah fungsi yang kita gunakan untuk memperoleh data dari sebuah table array range tertentu, data yang diambil berdasarkan kolom, secara vertikal. Perhatikan Rumus Fungsi VLookUp Berikut ini :
=Vlookup(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
  1. Lookup_value adalah data yang akan dijadikan acuan untuk mengambil data lainnya dalam sebuah range table
  2. Table_array adalah sumber table yang akan diambil datanya
  3. col_index_num adalah nomor kolom yang akan diambil datanya dalam range table array (ingat ini dalam table range bukan dalam kolom Microsoft Excel Default)
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :
Rumus untuk contoh diatas :
  1. C12 di isi dengan =VLOOKUP(B12;B3:D8;2)
  2. D12 di isi dengan =VLOOKUP(C12;C4:D8;2;0)
Di asumsikan kita akan mengambil data dari table range pertama yaitu B3 sampai dengan D8. Data yang diambil (col_index_num) adalah Nama, (dalam hal ini col indexnya = 2 karena dalam tabel array kolom nama terdapat di kolom nomor 2), dengan data acuan (lookup_value) dari B12 dari table (table_array) B3:D8. Jadi nantinya saat data acuan B12 kita ubah maka C12 akan secara otomatis terisi Nama sesuai nomor urutnya. Kemudian pada D12 kita akan isi data nilai (col_index_num) , (dalam hal ini col indexnya = 2 karena dalam tabel array C4:D8 kolom Nilai terdapat di kolom nomor 2), dengan mengambil data dari tabel range C4 sampai dengan D8 (table_array) dengan data acuan (lookup_value) dari C12. Sehingga jika Nama terisi, secara otomatis D12 akan terisi nilai berdasarkan nama tersebut.

Fungsi HLookUp Microsoft Excel

0 komentar
Fungsi HLookUp Dan VLookUp seyogyanya berguna untuk mengambil data dari tabel dengan range tertentu. Fungsi HLookUp berguna untuk mengambil data dalam tabel secara Horizontal dengan rumus umum sebagai berikut :
=HLookUp(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])
atau diterjemahkan sebagai berikut:
=Hlookup(data yang dicari;tabel;baris_yang_diingikan;[range])
Dengan pengertian bahwa kita akan mencari / mengambil data dari sebuah tabel secara Horizontal, horizontal disini maksudnya adalah kita mengambil data berdasarkan nilai baris dalam Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :
HlookUp
Buatlah tabel seperti contoh di atas dengan data entri 5 saja, kemudian buat percobaan pengambilan data dengan membuat bagian Baris pada F10 dan isi baris pada G10. Untuk melihat hasilnya kita buat “Hasil yang ditemukan” pada D12, dan hasilnya pada E12. E12 di isi dengan rumus sebagai berikut :
E12=HLOOKUP(C4;C4:D8;G10)
Maksud dari rumus diatas adalah kita akan mengambil data dimulai dari C4, dengan data tabel dari  C4 s/d D8. G10 dalam rumus adalah baris yang akan kita ambil datanya. Di G10 bisa kita ubah datanya untuk melihat hasilnya, dalam contoh diatas G10 diisi dengan nilai 2 dan hasilnya adalah Rio.
Perlu di ingat bahwa kita tidak hanya dapat mengambil data tabel dalam satu sheet saja tetapi juga bisa berbeda sheet dengan menambahkan
namasheet!Data
Contoh :
Sheet2!C4

Penomoran Otomatis Microsoft Excel

0 komentar
Dalam membuat tabel di Microsoft Excel yang salah satu Field-nya berisi no urut, dapat dilakukan secara otomatis.
Contoh:

tabel-nilai
Dalam contoh diatas terdapat 5 nomor urut, bagaimana jika no urut hingga 1000 dan harus diketik satu persatu. Microsoft Excel memberikan kemudahan agar penomoran otomatis hanya dengan men-drag datanya saja. Caranya adalah :
  1.  Berikan penomoran awal untuk nomor 1 dan nomor 2
  2. Kemudian blok cell nomor 1 dan nomor 2
  3. Arahkan kursor pada ujung kanan bawah kotak blok hingga kursor berubah tandanya menjadi berbentuk +
  4. Drag hingga nomor yang anda inginkan.
  5. Penomoran akan secara otomatis terbentuk dengan kriteria penambahan 1 angka setiap nomor urutnya, karena selisih angka awal yang kita buat adalah 1 (2 dikurang 1)

Sejarah Mouse

0 komentar
Mouse, atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut tetikus, sering kita gunakan sehari-hari.Ternyata, banyak perkembangan mouse dari awal mulanya dibuat hingga mouse canggih yang sangat populer saat ini.
Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963.Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Selain mouse, yang pada mulanya disebut “bug”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh yang lain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi gerakan dagu. Karena kenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang dipilih.Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus, sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.MOUSE BOLA Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut.
Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus, sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.
MOUSE BOLA
Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe
Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC juga mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja.Mouse saat ini mengikuti desain École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) yang diinspirasikan oleh Professor Jean-Daniel Nicoud.
Beberapa paten desain mouse (dari kiri ke kanan): Buatan mouse buatan Engelbard,mouse bola dengan 4 roller oleh Rider, dan mouse bola dengan 2 roller dan sebuah pegas oleh Opocentsky (seperti pada mouse bola saat ini).
MOUSE OPTIKAL
Selain mouse bola, saat ini banyak digunakan mouse optikal. Mouse optikal lebih unggul dari mouse bola karena lebih akurat dan perawatannya lebih mudah dibandingkan mouse bola. Mouse optikal tidak perlu dibersihkan, berbeda dengan mouse bola yang harus sering dibersihkan karena banyak debu yang menempel pada bolanya.
Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris-garis biru–abu-abu.
Mouse optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali permukaan yang memantulkan cahaya. Mouse optikal saat ini bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak. Perubahan dari frame-frame gambar tersebut diterjemahkan oleh chip khusus menjadi posisi X dan Y yang kemudian dikirim ke komputer.
MOUSE LASER
Mouse laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech, perusahaan mouse terkemuka yang bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004, dengan nama Logitech MX 1000. Logitech mengklaim bahwa mouse laser memilki tingkat akurasi 20 kali lebih besar dari mouse optikal. Dasar kerja mouse optikal dan mouse laser hampir sama, perbedaannya hanya penggunaan laser kecil sebagai pengganti LED digunakan oleh mouse optikal.Saat ini mouse laser belum banyak digunakan, mungkin karena harganya yang masih mahal.
Dari semua perkembangan mouse, yang tidak banyak berubah adalah jumlah tombolnya. Semua
mouse memiliki tombol antara satu sampai tiga buah. Mouse pertama memiliki satu tombol. Kebanyakan mouse saat ini, yang didesain untuk Microsoft Windows, memiliki dua tombol.Beberapa mouse modern juga memiliki sebuah Wheel untuk mempermudah scrolling. Sementara itu,Apple memperkenalkan mouse satu tombol, yang tidak berubah hingga kini.
Mouse modern juga sudah banyak yang tanpa kabel, yaitu menggunakan teknologi wireless seperti Infra Red, gelombang radio ataupun Bluetooth. Mouse wireless yang populer saat ini menggunakan gelombang radio ataupun Bluetooth. Sedangkan mouse yang menggunakan Infra Red kurang begitu populer karena jarak jangkauannya yang terbatas, selain itu juga kurang praktis karena antara mouse dan penerimanya tidak boleh terhalang.

Sejarah Keyboard

0 komentar
Keyboard merupakan alat input standar yang sangat esensial pada sebuah PC. Tahukah Anda kapan keyboard atau papan ketik pertama kali ditemukan? Jawabannya adalah pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada 1868.
Keyboard yang kita kenal sekarang ini memiliki nama resmi Qwerty yang di ambil dari enam huruf pertama pada “home row”. Home row sendiri merupakan istilah untuk deretan alfabet kedua (posisinya di tengah) keyboard. Dideretan inilah seharusnya user atau juru ketik menempatkan jari-jarinya jika sedang tidak mengetik.
Lalu, kenapa tombol-tombol alfabet pada keyboard ditempatkan secara acak? Alasannya adalah untuk memperlambat pengetikan. Kenapa? Pada awalnya mesin ketik dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya, tetapi akibatnya, para pengguna malah dapat mengetik dengan kecepatan tinggi. Hal ini membuat pengait- pengait karakter pada mesin ketik menjadi sering tersangkut.
Setelah beberapa bulan mencari cara untuk mengatasi sering menyangkutnya pengait tersebut, Sholes mengacak posisi alfabet pada mesin ketik seperti sekarang ini. Dan setelah teknologi mesin ketik berkembang ke mesin ketik elektrik sampai ke komputer, urutan alfabet yang acak tersebut tetap digunakan.
Untuk komputer, keyboard pertama kali digunakan pada tahun 1964. Sebuah perangkat yangdibuat oleh MIT, Bell Laboratories, dan General Electric yang disebut Mulitics berhasil menggabungkan video display terminal (monitor CRT saat ini-Red) dengan mesin ketik elektrik. Layout Qwerty temuan Christopher Latham Sholes tetap digunakan, meski pada keyboard saat ini, sejumlah function keys sudah diimplementasikan.

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Pelajar

0 komentar


TI
Tahukah kita selain membawa manfaat yang besar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga mempunyai pengaruh buruk yang besar pula pada perkembangan generasi anak bangsa.
Saat ini perangkat yang paling mempengaruhi anak pelajar Indonesia saat ini antara lain :
  1. Komputer
  2. Handphone
  3. MP4 player
  4. Game Console
  5. Media tontonan seperti Televisi dan Film
Namun kali ini kita akan membahas salah satu diantaranya yaitu pengaruh buruk Teknologi Komputer. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.
Pengaruh buruk dari Games Komputer.
Salah satu contoh pengaruh buruknya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, anak ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
Pengaruh buruk  lewat internet.
Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.
Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.
Pengaruh Buruk Terlalu Sering Bermain Komputer.
Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, menurut Rizal, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur.
Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
* Menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer.
* Selain itu juga pihak sekolah harus ikut andil dalam memberikan pengarahan terbaik agar siswa/siswi dapat mempergunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke arah yang positif.
* Pemerintah sebagai pengendali semua sistem penyedia Informasi harusnya lebih aktif dalam mengontrol penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Generasi Anak Bangsa.
Sadar atau tidak sadar Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membawa perubahan besar terhadap Generasi Penerus Bangsa, hanya tinggal kita yang bisa atau tidak membawa perubahan itu ke arah yang positif atau negatif.

Elemen Sistem Komputer

0 komentar
Seperti kita pahami bersama, sebuah mesin komputer tidak akan bisa bekerja dengan sendirinya, mesin tersebut bekerja merupakan akibat adanya suatu kesatuan sistem yang terdiri dari:
1. Brainware (manusia)
2. Software (perangkat lunak)
3. Hardware (perangkat keras)
Brainware
Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem tersebut. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya.
Software
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Hardware
Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya. Pada beberapa literatur, terdapat satu elemen lagi, yaitu instruction set, meskipun instruction set lebih cenderung kepada perangkat keras. Instruction set adalah perintah yang dimengerti oleh komputer mengikuti perintah standar yang ada pada lingkungan mesin tersebut.

Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel

0 komentar
Dalam Microsoft Excel terdapat Fungsi yang sering digunakan antara lain :
  1. SUM              : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  2. AVERAGE  : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  3. MAX             : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  4. MIN              : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  5. COUNT        : digunakan untuk mencara banyaknya data dari satu range
perhatikan contoh penggunaan fungsi-fungsi diatas :
tabel-sum
Cara pengerjaan :
  • Jumlah Nilai pada cell F6 adalah “=Sum(C6:E6)” atau “+C6+D6+E6”
  • Total Nilai Kelas pada cell C16 adalah “=Sum(C6:C15)”
  • Rata-rata Nilai Kelas pada cell C17 adalah “=Average(C6:C15)”
  • Nilai Terendah pada cell C18 adalah “+Min(C6:C15)”
  • Nilai Terbesar pada cell C19 adalah “+Max(C6:C15)”
  • Jumlah Data pada cell C20 adalah “+Count(C6:C15)”
Untuk nilai TAS dan nilai Praktikum, dapat dilakukan penggandaan rumus formula / melakukan copy rumus hanya dengan menggerakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.

Cara membuat grafik pada microsoft excel

0 komentar

Cara membuat grafik pada microsoft excel

Berikut ini kami sajikan bagaimana cara membuat grafik dengan menggunakan Microsoft excel, merubah data menjadi sebuah grafik, memilih model grafik, seperti grafik batang, grafik lingkaran,
Dalam contoh cara pembuatan grafik ini kami menggunakan Microsoft excel versi 2003,
1. Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.
2. Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk kamu sajikan menjadi grafik. Contohnya adalah seperti di bawah ini.
cara membuat grafik pada microsoft excel
(gambar 2)
3. Setelah kamu membuat data sederhana seperti di atas, blok lah seluruh data dalam abel tersebut.
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 3
4. setelah kamu blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 4
5. setelah kamu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard seperti gambar di bawah ini
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 5
6. setelah muncul jendela seperti di atas, maka kamu tinggal pilih model grafik yang kamu inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya seperti gambar di atas, atau grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.
Dalam contoh pembuatan grafik ini kita pilih saja Chart TIpe Column dan Chart Sub-type yang bermodel dua dimensi
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 6
7. Setelah kamu klik next nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 7
Gambar jendela diatas adalah chart wizard pada tahap kedua, pada Series in pada pilihan columns maka grafik akan tapil renggang, tapi jika dalam pilihan Rows maka grafik akan tampak menepel seperti gambar di bawah ini
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 8
Dalam contoh ini kita pake saja pada pilihan columns, kemudian klik Next
8. setelah kamu klik next maka akan tampil jendela seperti di bawah ini
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 9
Kolom Chart Title adalah untuk mengisi Judul Grafik kamu, Category X axis adalah untuk mengisi keterangan pada garis horizontal (dalam hal ini adalah bulan), sedangkan kategori Value (Y) axis untuk mengisi keterangan pada garis vertical (dalam hal ini adalah isian angka nya)
Sebagai contoh kita isi saja judulnya adalah “GRAFIK PERKEMBANGAN PENGUNJUNG” sedangkan category X kita isi “BULAN” dan value Y adalah “JUMLAH”
Sehingga hasilnya seperti ini :
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 10
9. setelah diisi semuanya kemudian klik tombol next, maka nanti akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini.
Cara membuat grafik pada microsoft excel
Gambar 11
Klik tombol finish, grafik kamu sudah jadi
Cara membuat grafik pada microsoft excel



Sumber: www.belajar-komputer-mu.com

Jenis Media Penyimpanan Data

0 komentar
Perkembangan media penyimpanan atau storage seiring dengan perkembangan perangkat keras atau hardware lain seperti prosesor. Perkembangan prosesor khususnya kelas PC (personal computer) kalau kita lihat tingkatannya sebagai berikut - XT, 286, 386, 486, Pentium I, Pentium II, Pentium III dan Pentium IV. Kemudian untuk media penyimpanan kalau kita lihat ke tahun-tahun di belakang. Awalnya kita berbicara mengenai KB (kilo byte = 1024 byte) kemudian berkembang menjadi MB (Mega byte = 1024 KB). Namun, saat ini sudah menggunakan GB (Giga Byte = 1024 MB). Bahkan di bidang storage terutama backup, saat ini sudah mencapai Tera Byte (TB = 1024 GB) dan sedang dikembangkan teknologi untuk mencapai tingkatan petabyte (1024 TB).

Kita lihat urutannya di tabel berikut ini:
Byte - 8 bits
Kilobyte - 1,024 bytes
Megabyte - 1,048,576 bytes - 1,024 KB
Gigabyte - 1,024 MB
Terabyte - 1,024 GB
Petabyte - 1,024 TB
Exabyte - 1,024 PB
Zettabyte - 1,024 XB
Yottabyte - 1,024 ZB

Storage komputer digunakan untuk menyimpan informasi atau lebih dikenal dengan data. Dan sejalan dengan perkembangan Internet, semua data digital perlu disimpan dan tersedia apabila diperlukan untuk diakses. Tipe storage yang umum digunakan adalah menggunakan media magnetik dengan 2 macam format yang berbeda yaitu 'fixed' / tetap dan 'removable' atau bisa dibawa / dipindah.

Yang dimaksud dengan 'fixed' media adalah teknologi media storage di mana 'head' untuk tulis / baca dan medianya (disk platter) dalam satu unit yang sama contohnya harddisk. Sementara pada removable media, 'head' untuk tulis / baca terletak pada 'drive' dan cartridge (tape) untuk menyimpan data dan bisa dibawa/pindah contohnya yaitu tape drive dengan tape cartdrige. Media tape ini dapat dibawa atau disimpan di tempat yang terpisah dari drivenya. Ada keuntungan dengan media yang bisa dipindahkan ini, antara lain adalah tape selain bisa dibawa-bawa dan bisa disimpan di lokasi lain, hal ini digunakan atau diimplementasikan dalam 'disaster recovery plan' atau rencana / prosedur terhadap bencana. Misalnya katakanlah gedung terbakar dan semua komputer dan informasi di dalam kantor tersebut habis terbakar. Dengan adanya tape media yang berisi data perusahaan yang sudah dibackup, meskipun tidak up-to-date atau bukan data terkini, namun setidaknya masih ada data perusahaan yang bisa digunakan atau data-data penting misalnya tagihan ke pelanggan, data penelitian dan data-data penting perusahaan lainnya.

Masing-masing tipe media storage mempunyai ciri khas tersendiri berikut harga, unjuk kerja, handal, kelebihan serta kelemahannya. Storage magnetik yang umum digunakan adalah disebut dengan disk atau istilah paling umumnya adalah harddisk. Untuk harddisk yang digunakan ada 2 jenis konfigurasi yang bisa digunakan yaitu JBOD dan RAID.

JBOD atau Just a Bunch of Disk yaitu satu atau sejumlah disk yang digunakan atau dapat diakses secara independen. Misalnya harddisk pada PC kita, harddisk pada server yang isinya cuma 1 atau 2 namun berdiri sendiri, itu bisa disebut dengan JBOD.RAID atau Redundant Array of Independent / Inexpensive Disks, biasanya dikontrol oleh satu buat device /alat yang sering disebut dengan disk controller / pengatur. Dengan adanya 'disk controller' ini memungkinkan untuk melakukan 'striping' data atau data yang ditulis ke beberapa disk sekaligus. Untuk lebih jelasnya di kesempatan lain akan dibahas mengenai RAID dan jenis-jenisnya.

Keamanan Data dalam Transaksi di Internet

0 komentar
Keamanan data merupakan hal yang sangat penting dalam menggunakan layanan transaksi di internet, seperti perdagangan online dan internet banking. Pihak penyedia layanan harus menjamin keamanan para pengguna layanan mereka. Dalam hal ini, toko online atau bank harus menyediakan teknologi keamanan data sesuai standar, sehingga data-data pelanggan tidak dapat dicuri dan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bisa kita bayangkan, jika seseorang menyusup ke komputer toko online atau bank melalui internet dan mencuri data-data konsumen, orang tersebut kemudian mentransfer dana nasabahke rekeningnya sendiri. Tentu saja, hal ini akan sangat merugikan konsumen dan nasabah yang kehilangan uangnya. Semua teknologi keamanan data yang ada wajib disediakan oleh penyedia layanan toko online atau internet banking. Hal ini untuk menjamin keamanan data transaksi yang dilakukan, sehingga pengguna jasa layanan mereka tidak dirugikan.

Selain tanggung jawab penyedia layanan, kita sebagai pengguna layanan toko online dan internet banking juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan data-data kita. Misalnya saja, kita harus menjaga nomor kartu kredit, user ID, dan password kita diketahui orang lain, hal tersebut dapat merugikan diri sendiri.

Beberapa hal yang diperlukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking adalah sebagai berikut:

* Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank, termasuk aspek-aspek penting sehubungan dengan keamanan data, sehingga data kita tidak jatuh ketangan orang lain.
* Setelah selesai menggunakan layanan toko onlune atau internet banking, kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut (logout) sebelum menutup browser atau meninggalkan kompter yang digunakan.
* Kita tidak boleh meninggalkan komputer kita jika kita sedang login di internet banking.
* Komputer kita harus dilengkapi antivirus yang selalu aktif dan up to date. Antivirus akan mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam dan mencurio data-data kita.
* Gunakan hanya komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking. Kita tidak boleh menggunakan komputer yang biasa diakses oleh orang lain, seperti warnet.
* Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID, dan password milik kita.

Kamis, 24 November 2011

Memindahkan kursor menggunakan keyboard

0 komentar
Ketika proses pengetikan sedang berlangsung,kita dapat menggunakan beberapa tombol keyboard berikut ini untuk menyunting teks yang sedang diketik.

  • Backspace
Digunakan untuk menghapus satu karakter di sebelah kiri kursor.
  • Delete
Digunakan untuk menghapus satu karakter di sebelah kanan kursor.
  • Insert
Digunakan untuk menyisipkan karakter baru diantara dua karakter yang telah diketik.


Memindahkan posisi kursor menggunakan keyboard:

Home      :     Memindahkan kursor ke awal baris.
End        :     Memindahkan kursor ke akhir baris.
PgDn       :     Memindahkan kursor satu layar ke bawah.
PgUp       :     Memindahkan kursor satu layar ke atas.
Ctrl+Home:     Memindahkan kursor ke awal dokumen.
Ctrl+End  :     Memindahkan kursor ke akhir dokumen.
Ctrl+PgDn :     Memindahkan kursor ke dasar layar.
Ctrl+PgUp :     Memindahkan kursor ke puncak layar.
Shift+F5  :     Memindahkan kursor ke tempat sebelumnya.

  
Memilih teks menggunakan keyboard
Memilih Teks :Tempatkan kursor pada posisi awal teks.Tekan dan tahan tombol Shift,tekan tombol panah melewati  teks yang akan dipilih.
Memilih  Teks 
Sampai Akhir Baris : Tempatkan kursor pada posisi awal teks yang akan dipilih,tekan tombol Shift+End.
Memilih teks sampai Awal Baris: Tempatkan kursor pada posisi akhir teks yang akan dipilih,kemudian tekan tombol Shift+Home.
Melepaskan pilihan :Tekan salah satu tombol panah.


Kamis, 17 November 2011

Fungsi IF VLOOKUP pada Excel 2003

0 komentar
Salahsatu fungsi yang tersedia di excel adalah fungsi logika IF, fungsi IF dapat digabungkan dengan berbagai fungsi-fungsi excel lainnya. Dalam contoh ini akan dibahas tentang cara menggabungkan fungsi IF dan VLOOKUP di excel 2003.

Postingan ini sebagai jawaban buat teman yang pernah menanyakan tentang cara menggabungkan fungsi IF VLOOKUP, mudah-mudahan bisa sedikit memberikan gambaran tentanng penggunaan fungsi if di excel.

Dalam kasus ini saya menganggap di tabel referensi ada 2 jenis varibel yaitu variable yang relatif tetap dan variable yang berubah bergantung pada tahun yang berlaku.

Agar lebih mudahnya bisa buat 2 buah tabel seperti di bawah ini :

1. Buat tabel kerja dan tabel referensi berikut:
Kosongkan sel D4 dan sel E4 , karena akan diisi dengan formula yang berisi fungsi IF dan VLOOKUP




2. Selanjutnya di sel D4 ketik formula :
=VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,2)
Formula pada D4 hanyalah formula yang menggunakan fungsi VLOOKUP saja, hanya digunakan sebagai bahan pembanding terhadap formula IF+VLOOKUP.  Formula pada sel D4 tidak berkaitan dengan formula pada sel E4
Catatan:
Tanda $ pada range $G$4:$J$7 menandakan alamat / range absolut, untuk mengatifkannya bisa gunakan tombol F4 . Jika kesulitan ketik saja formula $-nya secara manual.

Di sel E4 ketik formula
=IF(B4=2010,(VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,3,0)),(VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,4,0)))

Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:

 

Sumber: http://artikelkomputerku.blogspot.com/